Sunday, April 5, 2009


Setelah diluncurkan di Amerika Serikat oleh CEO Microsoft Steve Ballmer, teknologi server terbaru Microsoft Hyper V dan System Center Virtual Machine Manager kini hadir di Indonesia. Bersamaan dengan diluncurkannya kedua teknologi tersebut, Microsoft juga meluncurkan program My Green Server bersama Yayasan KEHATI dimana untuk setiap penjualan satu unit Windows Server 2008, Microsoft akan mengkonversi dengan penanaman satu buah pohon di Brebes, Jawa Tengah yang sangat membutuhkan penghijauan kembali. ‘’Yayasan KEHATI sangat mendorong inisiatif yang dilakukan Microsoft untuk menggalang kepedulian publik melalui konsumennya dalam menjaga kelestarian lingkungan Indonesia’’, kata Ir. Damayani Buchori, MSc., PhD, direktur yayasan KEHATI.

Microsoft satu satunya vendor yang menggabungkan beberapa area solusi virtualisasi, antara lain virtualisasi server, virtualisasi aplikasi, virtualisasi interface dan virtualisasi Personal Computer. Penghematan biaya dari solusi virtualisasi beragam tergantung dari seberapa luas implementasi virtualisasi di lingkungan IT dari sebuah perusahaan. Untuk skala kecil, penghematan dimulai dari 25% untuk konsumsi energi listrik dan overhead. Sedangkan untuk skala besar, penghematan bisa mencapai 80%.

Dengan mesin server virtual ini, perusahaan dapat menghemat biaya investasi server hardware, ruang server, pendingin server, dan konsumsi listrik dari seluruh peralatan dari server di ruangannya.

Menurut IDC, pertumbuhan penjualan software solusi virtualisasi dari tahun 2006 ke tahun 2007 adalah 68,5% dan diprediksi akan lebih cepat lagi pada tahun 2008 ini. Laporan akhir tahun fiskal 2008 Microsoft yang jatuh pada bulan Juni 2008 lalu menyatakan bahwa, pertumbuhan Microsoft Windows Server 2008 sendiri merupakan yang tertinggi di Asia Pasifik atau sekitar 40% mulai maret 2008. Dengan peluncuran Hyper-V dan System Center ini diharapkan perusahaan di Indonesia memiliki solusi virtualisasi dan membawa penghematan investasi server dan konsumsi energi.


--
Posted By Admin to IT Database at 4/02/2009 11:38:00 P

No comments:

Popular Posts

LINK MEMBER KBW